Powered by Blogger.

4 Obat Asam Lambung Herbal

No comments
4 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Herbal Asam Lambung Di Apotik|Penyakit asam lambung/maag atau gastritis merupakanpenyakit lambung yang banyak ditemukan di masyarakat. Hampir setiap orang pernah memiliki atau menderita penyakit asam lambung. Penyakit maag dapat terjadi karena kelebihan asam lambung, sehingga lama kelamaan dinding lambung tak kuat menahan asam lambung dan menimbulkan rasa sakit yang mengganggu dengan biasanya gejala-gejala yang timbulkan penyakit asam lambung adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman waktu menelan, dan rasa sakit di waktu menelan. Adapun gejala tambahan seperti serangan asma yang frekuen, suara serak, mual dan muntah, batuk lama rekfakter dan nyeri di dada dan sering sendawa (Abdullah, 2008). 

Asam lambung/maag disebabkan oleh penyakit lambung dari zat yang dapat menginhibisi sekresi asam lambung. Misalnya zat kimiaHistamin dan Anti Inflamasi non steroid. Kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur yang menyebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang sifatnya asam dengan perut kosong, minum-minuman beralkohol, dan mengisap rook berlebihan. Dan juga infeksi karena bakteri Helicobacter pylory yang menyerang sub mukosa lambung. 


Sumber link : Obat tukak lambung
 
Asam lambung dapat disembuhkan bedasarkan berbagai uraian penyebab asam lambung diatas, penyembuhan dengan meneralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi di selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung. Obatnya adalah dengan antasid, anti-histamin, anti-kolinergik, demulcent(dapat mengurangi iritasi lokal di tukak lambung, dan secara fisik dapat melindungi sel-sel dibawahnya terhadap kontak dengan iritan dari luar).
Maag atau asam lambung bukan tanpa gejala/ciri-ciri/ atau tanda-tanda, namun tanda-tanda gejala penyakit asam lambung biasanya akan berasa tidak nyaman, mual, kembung, nafsu makan berkurang, uluhati, Suatu kasus ciri-ciri maag akan terasa menusuk pada bagian belakang dan dimalam hari akan terasa nyeri sempat datang dan pergi misalnya setelah makan sedikit, rasa nyeri hilang tapi sebentar kambuh lagi. Maag juga menyebabkan luka di kerongkongan, diringi panas membakar naik, mulut pahit dan sering bersendawa. dan masih banyak lagi. 

Penyebab Asam Lambung/Maag

Adapun penyebab dari asam lambung/maag dapat terjadi karena zat eksternal dan internal. Zat eksternal  adalah zat dari luar tubuh menyebabkan korosif atau iritasi lambung. Sedangkan untuk zat internal adalah pengeluaran zat asam lambung berlebihan dan tidak teratur. Penyebab-penyebab asam lambung/maag adalah sebagai beriut..
1. Penyebab Zat Eksternal. Seperti :Alkohol, Obat-obatan, Infeksi bakteri atau virus, Keracunan dan Bahan korosif
2. Penyebab Zat Internal. Seperti: Sering makan makanan asam, pedas termasuk lada, Kebiasaan makan yang tidak teratur dan Kondisi psikologis stres mental dan frustasi 

Tanda dan Gejala Asam Lambung/Maag

Hilangnya nafsu makan
Mual dan muntah
Kehilangan berat badan drastic
Sering disertai perih/kembung diuluh hati
Rasa perih dapat lebih baik atau lebih buruk ketika makan
Perut terasa penuh pada bagian atas setelah makan

 Cara Pencegahan Timbulnya Penyakit Asam Lambung/Maag.

Makan teratur
Hindari alkohol dan rokok
Olahraga teratur
Istirahat yang cukup
Menghindari makanan iritasi lambung misalnya makanan asam pedas, asam dan berbumbu
Mengatasi Gangguan Asam Lambung/Maag Dengan Tanaman Obat atau Herbal
Obat-obatan gangguan lambung dapat kita jumpai dengan bebas di warung-warung dan apotik yang sifatnya menurunkan kesaman cairan di lambung dengan menaikkan pH, untuk sementara sakit hilang. Namun kesembuhan karena lambung masih lemah akibat erosi dan belum seimbangnya produksi kelenjar-kelenjar lambung. Sedangkan untuk tumbuhan obat digunakan untuk mengatasi gangguan dan mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar lambung dan pencernaan secara umum sehingga alangkah lebih baiknya anda menggunakan tanaman-tanaman obat yang memang memiliki fungsi dalam penyembuhan asam lambung seperti yang anda lihat dibawah ini..

Mentimun

Cara Membuat Ramuan:
Pilih Mentimun yang masih segar. Pastikan kulit mentimun berwarna hijau tanpa bintik-bintik kuning atau hitam. Mentimun yang berwarna kekuningan atau layu menunjukkan bahwa mentimun tersebut kurang segar.
Iris memanjang mentimun setebal kurang lebih 1 cm. Makan 2 potong setiap 2 jam untuk menyembuhkan kelebihan asam lambung.
Anda dapat makan irisan mentimun lebih banyak atau sedikit tergantung pada keparahan gejala.
Kupas kulit dan buang biji mentimun untuk menjaga kesegaran dan kandungan nutrisinya.
Campur mentimun dengan bahan-bahan lain yang juga berkhasiat meredakan keasaman lambung, seperti yogurt, wortel, mint, atau bawang putih mentah.
Cara lain, campur 1 cangkir yoghurt dan setengah buah mentimun parut dengan garam, merica, dan bawang putih secukupnya.
Anda bisa mencampurkan saus ini pada salad atau roti untuk mencegah keasaman lambung.
Gunakan irisan mentimun dalam salad, tapi jangan terlalu banyak menggunakan cuka untuk menyembuhkan keasaman lambung.
Cuka yang terlalu banyak hanya akan membuat lambung semakin asam.

Kunyit


Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung yang telah dilakukan, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan yang signifikan.

Caranya:
Siapkan kurang lebih 2 jari tangan kunyit.
Dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang.
Setelah itu, diperas melalui kain bersih.
Hasilnya didiamkan dan diambil airnya.
Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan.
Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Kacang Hijau


Kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk pengobatan sakit maag karena mampu menebalkan lapisan lambung. Selain itu, juga bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Cara mengkonsumsinya cukup makan bubur kacang hijau buatan sendiri yang tanpa santan. Usahakan jangan terlalu lama memasaknya. Makan bubur tersebut secara rutin pagi dan sore hari. 

Kencur

Caranya:
Ambil lebih kurang1 jari rimpangnya.
Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya.
Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, kemudian minum air hangat.
Lakukan 3 kali dalam sehari secara rutin. 

Menggunakan tanaman obat seperti yang telah dijelaskan diatas diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam menjalani pengobatan agar diperoleh hasil yang memuaskan, disamping itu penyebab atau pemicu naiknya asam lamung harus di hindari dan pola hidup yang sehat dan teratur akan membantu Anda terhindar dari penyakit gangguan asam lambung
Sumber: Lapak Herbal

No comments :

Post a Comment