Powered by Blogger.

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Darah Tinggi

No comments
Tanaman Herbal Untuk Penyakit Darah Tinggi,-Tekanan darah tinggi atau dalam bahasa medis lebih dikenal dengan sebutan hiepertnsi merupakan suatu kondisi kronis yang disebabkan oleh tingginya tekanan darah dalam pembuluh darah artei. Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita tekanan darah tinggi, hal ini terjadi karena pada umumnya kondisi seperti ini tidak akan menujukan gejala awal.


Untuk mengetahui apakah anda termasuk penderita tekanan darah tinggi atau bukan, hanyalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah. Meskipun penyebab tekanan darah tinggi belum diketahui secara pasti. Namun, dalam kebanyakan kasus ada beberapa kondisi dan gaya hidup yang bisa memicu seseorang terkena tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi lebih sering dikenal sebagai penyakit yang diam-diam mematikan, karena meskipun tidak menunjukan tanda-tanda awal, jika kondisi ini sudah serius maka akan menyebabkan serengan jantung yang mematikan. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya terapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengatur pola makan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi :

-Makanan Asin
Makanan yang sudah diolah dengan menggunakana banyak garam merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi. Karena garam merupakan salah satu jenis kandungan yang dapat merusak pembuluh darah dan dapat meningkatkan resikos serangan jantung dan stroke.

-Makanan Berlemak
Makanan yang mengandung banyak lemat, terutama lemak jenuh (LDL) seperti daging sapi, harus benar-benar dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi. Karena jika kadar lemak jenuh dalam tubuh terlalu tinggi, dapat meningkatkan kegemukan atau bahkan menyebabkan penumpukan lemak di dalam pembuluh darah yang pada akhirnya menyebabkan tekanan darah tinggi.

-Makanan Manis
Makanan manis baik itu bersumber dari gula atau atau pemanis yang lain, juga menjadi salh satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi. Karena, konsumsi gula secara berlebih dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah.

-Kopi
Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi. Karena, di dalam kopi terdapat kandungan kafein, dimana kandungan tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap meningkatnya tekanan darah tinggi.

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Darah Tinggi

Manfaat Pare Untuk Darah Tinggi,- Pare atau paria adalah satu jenis buah dari tanaman tumbuhnya merambat. Meskipun rasanya yang pahit, tetapi pare ini sering diaplikasikan kedalam resep masakan. Selain mempunyai cita rasa yang khas ternyata pare juga mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi, dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan beberapa ahli medis menunjukan bahwa di dalam pare terdapat kandungan yang terbukti mampu menurukan kadar gula dalam darah dan membantu menurunkan berat badan. Hal ini tentu menguntungkan bagi penderita darah tinggi. Karena kadar gula berlebih dalam tubuh, dan berat badan yang berlebih menjadi faktor yang dapat memicu tingginya tekanan darah.

Selain itu, didalam pare juga terdapat kandungan kalium. Kalium merupakan suatu jenis meniral yang terbukti mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan meningkatkan fungsi beberap organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Kalium mempunyai peranan yang penting dalam mengatur tekanan darah. Bahkan kandungan ini dapat mengembalikan tekanan darah tinggi ke angka yang relatif normal.

Dengan mengkonsumsi pare yang mengandung kalium tentu penderita darah tinggi tidak diperlukan begitu banyak usaha untuk menurunkan tekanan darah. Kalium yang ada dalam pare ini juga dapat membantu fungsi ginjal dalam menyaring natrium dan mengeluarkan natrium dari dalam darah. Sehingga tekanan darah akan menurun.

Pada umumnya pare tidak dimakan dalam kondisi mentah. Karena, rasanya yang sangat pahit tentu tidak akan enak di lidah. Biasanya orang mengambil estrak pare atau mengolahnya menjadi makanan, dan ada juga yang mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul.

Meskipun pare mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi disarankan untuk tidak mengkonsumsi pare ini dalam jumlah yang berlebihan. Karena, jika anda mengkonsumsi pare secara berlebihan tentu dapat mengakibatkan diare dan sakit perut. Sebelum mengkonsumsinya anda juga harus melakuakn konsultasi dengan dokter. Karena jika tidak mungkin anda akan mengalami Hipoglikemia dimana terjadi kurangannya glukosa dalam darah menuju otak.

Salah satu orang yang harus menghindari makan pare adalah orang yang menderita penyakit hepatitis. Karena jika orang ini mengkonsumsi pare, tentu kondisinya akan semakin buruk.

No comments :

Post a Comment