Wednesday, May 3, 2017

Tanaman Pegagan untuk Mengobati Telinga Bernanah

Tanaman Pegagan untuk Mengobati Telinga Bernanah - Pegagan atau yang memiliki nama latin Centella Asiatica ini merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan sebagai sebagai alternatif pengobatan di Indonesia. Tanaman ini sebenarnya masih satu keluarga dengan wortel. Perlu anda ketahui tanaman yang satu ini meskipun tumbuh secara liar tetapi didalamnya terdapat banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan pengobatan.


Daun pegagan ini sebenarnya sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Namun, akhir-akhir ini khasiat daun pegagan semakin ramai diperbincangkan karena banyaknya para ahli yang menunjukan bukti ilmiah tentang khasiat tanaman yang satu ini. Di Malaysia, daun dari tanaman pegagan ini sering digunakan sebagai bahan baku untuk produk kecantikan. Seperti krim anti kerutan, krim selulit, serta krim pengencang kulit wajah. Selain itu, khasiat yang ada dalam daun pegagan ini juga sangat bermanfaat untuk pengobatan telinga bernanah.

Tanaman pegaga ini dapat di gunakan untuk pengobatan telinga bernanah. Cara membuat ramuan untuk pengobatan telinga benanah sangat mudah : hanya degan menyiapkan beberapa daun pegangan, setelah itu cuci sampai bersih. Kemudian haluskan daun pegagan dengan menghaluskannya bisa dengan cara ditumbuk. Setelah itu ambil sari dari tanaman kemudian campurkan dengan sedikit minyak kelapa.

Setelah kedua bahan alami tersebut tercampur, anda bisa langsung melakukan pengobatan dengan cara menjadikan ramuan tadi sebagai obat tetes telinga. Namun, perlu anda ketahui, penggunaan daun pegagan tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Karena, kandungan antioksidan yang ada dalam daun pegagan ini cukup kuat dan akan sangat bebahaya jika digunakan secara berlebihan.

Nah, untuk itu bagi anda yang saat ini mempunyai masalah dengan telinga bernanah dan ingin mencoba melakukan pengobatan dengan tanaman yang satu ini. Pastikan anda mengetahui cara pengolahan dan takaran yang tepat. Jangan sampai tujuan anda melakukan pengobatan secara alami justru bisa mengakibatkan kondisi penyakit menjadi semakin buruk.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang khasiat dan cara pengolahan daun pegagan untuk mengatasi telinga bernanah. Selamat mencoba, semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment