Powered by Blogger.

9 ramuan ampuh untuk mengobati hepatitis

No comments
Penyakit Hepatitis merupakan kondisi yang disebabkan oleh adanya pembengkakan pada hati. Hati adalah organ penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh, fungsi hati diantaranya mengatur metabolisme, membuat protein, menyimpan vitamin dan zat besi, mengeluarkan racun dan memproduksi empedu. Jika hati tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan penyakit serius atau bahkan kematian. Hepatitis dapat disebabkan oleh infeksi, virus, bahan kimia, alkohol, penggunaan obat-obatan dan faktor lainnya. Baca juga Obat Pembengkakan Hati Di Apotik .

Ada banyak jenis hepatitis yang disebabkan oleh virus, dinamai dengan huruf alfabet, yaitu hepatitis A, hepatitis B, Hepatitis C, D dan E sesuai dengan virus penyebab hepatitis. Walaupun semua virus ini sama-sama menyerang hati, namun mereka memiliki cara penularan yang bebeda dan sifat yang berbeda. Penyebab Hepatitis Penyakit hepatitis paling sering disebabkan oleh virus, adapun penyebab dan cara penularannya adalah sebagai berikut.
Hepatitis A virus (HAV) menyebar melalui tinja orang yang terinfeksi dan yang paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Perilaku seksual tertentu juga dapat menyebabkan penularan. ( Obat Hepatitis A Di Apotik )
Hepatitis B virus (HBV) ditularkan melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi, air mani, dan cairan tubuh lainnya. HBV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayi pada saat lahir. Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan suntikan narkoba berganti-gantian. ( Obat Herbal Hepatitis B Di Apotik )
Hepatitis C virus (HCV) sebagian besar ditularkan melalui paparan darah dan seperti paa penularan hepatitis B.
Hepatitis D Virus (HDV) infeksi hanya menyerang pada mereka yang terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dan hasil yang lebih buruk.
Hepatitis E virus (HEV) sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi.

Gejala Hepatitis Tidak semua orang dengan hepatitis akan mengalami gejala. Secara umum, bila gejala terjadi, maka akan seperti ini: Demam, Mual sampai muntah, Ketidaknyamanan perut, Urin berwarna gelap atau kuning kecoklatan seperti teh pekat, Letargi (kelelahan), Nyeri sendi, Edema (pembengkakan), Mudah memar,  dan Jaundice (kulit dan mata kuning atau sakit kuning).

Ada 9 ramuan ampuh untuk mengobati hepatitis  yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan serangan liver ini, berikut penjelasannya.

Temulawak. Rimpang ini memang sudah banyak dikenal sebagai salah satu herbal untuk hati. Sifatnya sebagai antitoksin sangat baik membantu hati membersihkan sisa-sisa toksin yang mengendap di dalamnya. Terdapat kandungan unik senyawa kurkuminoid yang penting untuk menormalkan kadar SGOT dan SGPT dari hati. Cukup masak temulawak kemudian air larutannya dicampur dengan madu.

Bougenville. Ambil batang dari pohon bougenville yang sudah dikeringkan. Ambil sekitar 9 gram, rebus dalam air mineral dan minum dengan madu. Dalam batang bougenville terdapat kandungan betanidin, saponin, polifenol dan isobetanidin yang baik untuk menormalkan fungsi hati dan membersihkan toksin dalam hati.

Daun Pare. Dalam daun pare terdapat kandungan momordin, momordicine, asam resinat, charantine, asam trikosanik, resin dan saponin. Semua senyawa anti oksidan lengkap ini membantu membersihkan hati dan mengembalikan fungsinya seperti sedia kala. Biasanya untuk membuat ramuan obat herbal hepatitis dengan daun pare, Anda perlu menumbuk daun pare kemudian diseduh air panas, diperas dan diminum dengan madu.

Biji Pepaya. Bila buah pepayanya baik untuk mengatasi sembelit, rupanya bijinya malah sangat baik untuk liver. Cara pembuatan ramuan obat herbal hepatitis A ini juga mudah, cukup keringkan biji lantas tumbuk halus,  seduh dengan air panas dan minum bersama madu. Dalam biji pepaya sendiri terdapat khasiat baik untuk menyingkirkan toksin dan virus dari hati, antara lainfenol, terpenoid juga saponin.

Teh hijau (Camellia sinensis)
Flavonoid dalam catechin berdosis tinggi yang terdapat pada teh hijau memiliki sifat anti oksidan yang memiliki kemampuan untuk stabilisasi membran sel, sehingga sangat baik untuk melindungi dan menstabilkan sel-sel  hati pada penderita penyait hepatitis.

Ginseng (Panax quinquefolius/Panax ginseng)

Gingseng sudah lama dikenal sebagai obat yang ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas secara menyeluruh. Perlu diketahui bahwa, ada dua jenis ginseng yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Asia (Panax ginseng) yang berasal dari Cina, Jepang, dan Korea.

Pada pengujian yang dilakukan pada hewan dan manusia menunjukkan ginseng dapat membantu sistem imunitas tubuh. Pengujian pada hewan juga menunjukkan ginseng dapat membantu memperbaiki cara kerja hati dan mengurangi kerusakan jaringan hati yang disebabkan oleh hepatitis. Namun, penelitian mengenai manfaat ginseng untuk hepatitis masih terbatas.


Lada Hitam (Piper nigrum)
Lada hitam memiliki kandungan senyawa aktif yakni piperin. Dalam penelitian pada tikus, piperin terlihat dapat mengurangi efek merusak racun pada hati. Hal ini terutama karena sifat antioksidan pada piperin. Belum ada studi yang membandingkan perbedaan penyakit hati pada orang yang mengonsumsi lada dengan mereka yang tidak.

Kunyit (Curcuma domestica)
Selama ribuan tahun, kunyit telah digunakan oleh praktisi pengobatan Ayurweda sebagai obat untuk penyakit hati. Komponen aktif kunyit adalah kurkumin yang berkhasiat antioksidan. Dalam penelitian pada hewan percobaan, kunyit terlihat menghambat kerusakan hati dari aflatoksin dan racun hati lainnya. Karena kunyit adalah bumbu utama pada kari India, mungkin itulah sebabnya penduduk India memiliki insiden penyakit hati terendah di dunia. 

Jahe (Zingiber officinale)
Selama 2.500 tahun, orang Cina telah menggunakan jahe untuk mengobati mual. Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi manfaat jahe untuk mengurangi mual. Tanaman ini dapat meredakan mual dan muntah yang disebabkan oleh terapi obat pada pasien hepatitis. Selain murah dan banyak tersedia, jahe diketahui aman dan tidak menyebabkan efek samping yang seriusDemikian 9 ramuan ampuh yang bisa menjadi referensi untuk membantu mengobati penyakit hepatitis. Salam herbal.


Sumber Lapak Herbal

No comments :

Post a Comment