Powered by Blogger.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

No comments
Sebelumnya, perlu kita ketahui tentang penyebab, gejala, pantangan penderita Asam Urat. Artikel ini bertujuan agar penderita Asam Urat menemukan Obat Alami yang cocok untuk menyembuhkan Asam Urat. Begitu pula bagi anda yang ingin mencegah Asam Urat, tidak salah untuk membacanya.

Baca juga => Obat asam urat di apotik
Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan  dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.
Berdasarkan pengertian asam urat inilah maka dapat kita disimpulkan bahwa penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian.  
Ketidakmampuan ginjal didalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah diantaranya disebabkan ginjal itu sendiri yang lagi bermasalah atau dengan kata lain ginjal yang kurang sehat. Ginjal yang sehat atau normal akan mampu mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dalam darah termasuk zat asam urat bersama urine. Walaupun kita mengkonsumi makanan-makanan yang banyak mengandung zat purin, insya Allah tidak akan banyak masalah apabila kondisi ginjal kita sehat dan normal. 
Oleh karena itulah, bagi Anda yang lagi menderita penyakit asam urat hendaknya tidak lupa untuk melakukan perawatan yang intensif terhadap ginjal Anda. Segala bentuk upaya yang Anda lakukan untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia apabila ginjal Anda masih dalam kondisi tidak fit alias bermasalah. Jadi upaya untuk menyehatkan ginjal harus dilakukan secara bersamaan dengan upaya menurunkan asam urat. Kalau tidak demikian, maka saya tegaskan sekali lagi bahwa upaya anda menurunkan zat asam urat akan sia-sia bila ginjal anda tidak mendapat penanganan yang serius

Oleh karena itu, saat ini masyarakat mulai banyak melirik pengobatan herbal dengan memanfaatkan tanaman obat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit asam urat.


Nah, beberapa jenis tanaman obat untuk asam urat yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit ini diantaranya.

1.Tanaman Anting-anting


Tanaman ini juga biasa dikenal dengan nama Akar Kucingan/ Rumput Kokosan. Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai anti radang, pembersih hati, penambah nafsu makan, dan lain-lain. Pada tanaman ini juga memiliki karakter deuretik, sehingga mampu membantu dalam penyembuhan asam urat.
Cara Membuat Ramuan :


Tanaman kering ( seluruh batang ) sekitar30-60 gram direbus, air rebusan diminum 2 kali dan diulangi untuk
5-10 hari.


2.Sambiloto


Tanaman yang berasal dari India, yang lebih dikenal dengan sebutan kayu mas, lang, papaitan, bidara, ki peurat dan lain sebagainya. Tanaman ini juga mengandung senyawa seperti alkane, flavanoid, aldehid, keton dan juga mineral seperti kalium, natrium, dan kalsium ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat asam urat. 
Cara Membuat Ramuan

Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.


3.Daun Salam


Walaupun daun salam sering dikenal masyarakat sebagai bumbu dapur, namun ternyata,  pada daun salam menyimpan senyawa minyak atsiri, flavonoid dan tannin yang dapat bermanfaat sebagai tanaman obat asam urat dan kolesterol.


Cara Membuat Ramuan


Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

4.Kumis Kucing


Tanaman ini memang sangat dikenal sebagai tanaman obat yang mujarab, salah satunya kandungan yang ada pada tanaman ini seperti garam kalium dapat dimanfaatkan sebagai menghancurkan batu saluran kencing. Namun sifat diuretik yang ada pada tanaman ini juga sangat mujarab untuk membuang kelebihan asam urat yang dibuangnya melalui urine.
Cara Membuat Ramuan

Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.


Demikian beberapa tanaman obat alternatif yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat. tidak ada salah nya anda mencoba Obat herbal alami tanpa efek samping Obat Herbal asam urat di apotik dan juga Obat herbal untuk asam urat di apotik untuk Megurangi ketergantungan menggunakan obat-obat kimia merupakan pilihan bijak agar hidup Anda lebih berkualitas.

No comments :

Post a Comment